Ulangan Harian Informatika Alifah Mumpuni Maharani Yusuf

1. Kurikulum Informatika terdiri atas 8 elemen. Sebutkan kedelapan elemen tersebut! 
Jawaban: 8 elemen, yaitu Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB).

2. Apakah siswa atau peserta didik dapat memahami konsep dan implementasi informatika dengan lebih baik dan bermakna dengan tidak menggunakan Komputer? Jelaskan pendapat kamu dalam bentuk kalimat
Jawaban: Dengan cara ajar yang tepat pada tujuan pembelajaran, tanpa menggunakan perangkat komputer. Memahami pembelajaran informatika dapat menjadi hal mudah.

3. Sebutkan 6 prinsip yang perlu dipahami oleh siswa atau peserta didik dalam mempelajari Informatika!
Jawaban: 
1. Menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan persoalan persoalan sehari-hari. 
2. Mampu mengaplikasikan berbagai aplikasi perkantoran yang menyelesaikan masalah yang melibatkan lebih dari satu aplikasi perkantoran. 
3. Memahami komponen sistem komputer, sistem-sistem bilangan yang umum digunakan dalam informatika, berbagai proses logika dalam sistem komputer. 
4. Memahami keterhubungan antara satu komputer dengan komputer lainnya melalui jaringan komputer dan internet. 
5. Mendefinisikan, mengolah, dan mengelola sekumpulan data bervolume kecil untuk tujuan tertentu, serta menyajikan informasi yang didapat dari data tersebut. 
6. Membuat program dengan menggunakan dua jenis blok visual dan menarik abstraksi dari kedua blok visual tersebut.

4. Coba kalian tuliskan belajar informatika tanpa menggunakan Komputer dan internet!
Bisa menggunakan perangkat komputer mini saku Raspberry Pi (RPi), bisa pakai tenaga surya, pemerintah tinggal siapkan server di lokasi-lokasi tertentu, perkuat intranet, dan local host.  Materi-materi pembelajaran dimasukkan ke dalam Raspberry, diakses secara offline.
 
Raspberry Pi merupakan sebuah komputer mini ukuran saku, awalnya ditujukan untuk kebutuhan edukasi.  Komputer saku ini lambat laun populer di dunia, karena harganya yang murah, dan kelengkapan port masukan dan keluarannya yang tak kalah dengan komputer main stream. 
Sekolah di daerah pelosok yang tidak ada jaringan internet pun dapat menyelenggarakan pembelajaran Informatika tanpa biaya tinggi.

5. Semua pelajaran dalam kurikulum Indonesia ditujukan untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila. Apa definisi Profil Pelajar Pancasila? Profil tersebut dinyatakan dalam enam dimensi, Sebutkan keenam dimensi tersebut!
Jawaban: Yaitu Beriman dan bertaqwa kepada YME dan berakhlaq mulia, mandiri, gotong royong, berkebhinnekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.

6. Apakah selama ini kamu sudah menjalankan kegiatan sehari-hari dengan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila? Tuliskan jawabanmu dalam bentuk kalimat dan jelaskan apa saja yang sudah kamu lakukan dalam kegiatan sehari-hari! 
Jawaban: Saya sudah menjalankan beberapa aspek yang mencerminkan profil pelajar pancasila, dengan bertegur sapa dengan teman dan guru, sertab menggunakan tutur kalimat yang beretika mau pun di dalam chat.

7. Proyek apa yang sudah kalian kerjakan dari guru INFORMATIKA secara berkelompok? 
Jawaban: Projek yang dikerjakan berkelompok masih belum dilaksanakan di kelas 8 ini, namun mungkin akan mulai dilaksanakan secara berkala nantinya.

8. Apakah kalian telah menerapkan berpikir komputasional (BK) untuk menyelesaikan persoalan persoalan sehari-hari? Tuliskan dalam bentuk kalimat dan berikan contoh-contohnya!
Jawaban: Dalam menyelesaikan maslah, saya melihat masalah tersebut secara umum atau general. Sehingga dapat lebih teruji.

9. Tuliskan lebih dari tiga aplikasi perkantoran yang sudah kamu kuasai!
Jawaban: seperti Excel, Word, Power point. dan beberapa aplikasi lainnya.

10Dari pertemuan pertama hingga pertemuan keenam, tugas-tugas apa saja yang sudah kalian kerjakan di blog? Tuliskan alamat blog kamu!
Jawaban: https://alifahmumpuni.blogspot.com/2022/08/1.html

11. Buatlah sebuat cover buku bagian depan dan belakang yang berjudul Belajar Informatika di Kelas 8! Buatlah dengan aplikasi Canva atau aplikasi lainnya yang sudah kamu kuasai! berikut link Canva yang akan langsung menampilkan cover depan dan belakang buku

12. Setelah mempelajari setiap elemen Informatika di kelas VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran atau peta konsep yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? Kalau dapat, silahkan dibuatkan peta konsepnya dari sudut pandangmu sendiri! 


13. Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan dari 8 elemen informatika? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas dan kalimat yang jelas! 
   Jawaban: Jaringan Komputer dan Internet adalah elemen yang paling berkesan karena saya dapat mengetahui berbagai jaringan yang bekerja dalam komputer juga internet.

14. Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman sehari-sehari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajari di kelas VII? Elemen apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting? 
Jawaban: Berpikir Komputasional

15. Salah satu aspek penting informatika adalah mengorganisasi data agar menjadi informasi yang berguna. Hal ini akan kalian praktikkan, dengan mengorganisasi dan menyimpan data tentang kegiatan belajar sepanjang tahun, melalui jurnal kegiatan. Jurnal kegiatan akan dikumpulkan secara teratur dan konsisten sepanjang tahun, membentuk Buku Kegiatan Peserta Didik. Jadikanlah Buku Kegiatan Peserta Didik sebagai album kenangan yang merekam semua pengalaman kalian belajar Informatika! Buatlah sebuah album dengan Microsoft power point yang berisi jadwal mata pelajaran kamu dari hari Senen sampai Jumat! 


16. Ibunda atau ibu kalian memberi uang Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) untuk membeli gula pasir. Kalian pergi ke warung TERDEKAT membawa uang dan kalian kembali membawa gula (dan uang kembalian, jika Bunda memberi uang melebihi harga gula). Karena kalian sudah SMP dan sudah “teruji” pergi ke warung untuk membeli gula pasir yang diminta Bunda, Bunda tidak perlu merinci kepergian kalian ke warung. Hal yang penting, kalian berangkat dengan membawa uang dan kembali dengan membawa gula pasir sesuai pesan Bunda, serta uang kembalian jika memang bersisa. Contoh yang terakhir ini lebih dekat dengan konsep algoritma, dimana Bunda memberi kalian instruksi untuk membeli gula PASIR, dan karena kalian memahami instruksinya, kalian dapat melakukannya, yaitu “menukar” uang dengan gula pasir. Jika harga gula PASIR sebungkus Rp. 30.000, berapa bungkus gula kalian dapatkan? Apakah masih ada uang tersisa yang kalian kembalikan kepada Ibunda atau Ibu? 
Jawaban: 3 gula, dengan sisa uang 10.000

17. Bobo sedang bermain ke sebuah pabrik pembuat kue. Di pabrik tersebut, terdapat mesin yang dapat membentuk adonan kue menjadi bentuk-bentuk tertentu. Mesin tersebut memiliki tiga pintu masuk yang pada gambar ditandai dengan angka 1, 2, dan 3. Adonan kue akan dimasukkan ke dalam mesin melalui pintu masuk tersebut, mengalir di sepanjang jalur yang akan membawanya ke pintu keluar yang ditandai dengan huruf K. Gambar 2.3 Mesin Pembentuk Adonan Pada jalur-jalur mesin, terdapat alat pembentuk adonan yang dapat mengubah bentuk adonan tertentu menjadi bentuk lainnya. Alat tersebut ditandai dengan sebuah garis ( ). Pada setiap alat, terdapat petunjuk mengenai bentuk awal adonan yang akan diubah (A) dan bentuk akhir adonan setelah melalui alat tersebut (B). Proses itu dituliskan dengan A à B, yang artinya “jika adonan berbentuk A melewati alat tersebut, adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk B”. Jika adonan yang melalui alat tersebut tidak berbentuk A, adonan tidak akan mengalami perubahan bentuk. Contoh, jika ada adonan berbentuk segitiga melalui alat , adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk lingkaran. Jika adonan yang melalui mesin tersebut berbentuk persegi atau lingkaran, tidak akan perubahan bentuk adonan. Tantangan: Jika Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian K, bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan dimasukkan ke pintu nomor berapa? Pilih salah satu: A. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 1. B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 2. C. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 2. D. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 3. Jawaban kalian adalah: ……………………………………………………………………………………………………. Tuliskan dengan ringkas, cara kalian menyelesaikan masalah tersebut!. Jika kalian lebih suka menggambar, kalian juga boleh menuliskan cara penyelesaian dengan gambar. Kalian bisa membuka buku (OPEN BOOK) halaman 26 dan 27 Buku Informatika kelas 8! 
Jawaban: Dengan metode Berpikir Komputasional, masalah ini dapat diselesaikan.

18. Banyak hal dalam kehidupan sehari-hari dapat direpresentasikan dalam bentuk himpunan. Kita dapat mengambil kesimpulan dari pengolahan himpunan. Mari, kita lihat contoh sederhana berikut ini. Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambutan, mangga, duku, dan buah naga. Seseorang bertanya kepada kalian dua buah pertanyaan. Pertanyaan pertama, “Buah apa sajakah yang disukai adik atau kakak?” Pertanyaan kedua, “Buah apa sajakah yang disukai adik dan kakak?” Tentunya, jawaban kalian berbeda. Untuk menjawab dua buah pertanyaan tersebut, kalian dapat menuliskan himpunan buah kesukaan adik dan kakak. Buah kesukaan adik = {jeruk, mangga, jambu}. Buah kesukaan kakak = {rambutan, mangga, duku, buah naga}. Untuk menjawab pertanyaan pertama, kalian perlu mencari hasil gabungan dari kedua himpunan tersebut yang menghasilkan himpunan baru, yaitu {jeruk, mangga, jambu, rambutan, duku, buah naga}. Untuk menjawab pertanyaan kedua, kalian perlu mencari irisan dari kedua himpunan tersebut, yaitu {mangga}. Buatlah gambar dalam bentuk power point yaitu irisan buah kesukaan adik, buah kesukaan kakak, buah kesukaan adik atau kakak, dan buah kesukaan adik dan kakak!







19. Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kalian sering menemukan Langkah-langkah untuk mencapai sesuatu, misalnya langkah-langkah untuk memasak mie instan. Kumpulan langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah permasalahan itulah yang disebut algoritma. Tolong tuliskan langkah-langkah KAMU dalam membuat mie goreng!
Pelaporan dan dokumentasi adalah salah satu pekerjaan yang sering kita lakukan. Laporan kegiatan, laporan keuangan, dan dokumentasi artefak komputasional ialah contoh dari laporan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan laporan ialah aplikasi pengolah kata. Aplikasi pengolah kata memiliki fitur yang banyak sehingga dapat dipergunakan untuk membuat laporan yang baik. Namun, dalam pembuatan laporan, kita sering dihadapkan dengan kebutuhan menggabungkan beberapa bentuk konten seperti laporan yang dilengkapi dengan analisis data, tampilan grafik dari data, maupun gambar dan peta di dalam laporan kita. Dengan menggabungkan kemampuan beberapa aplikasi, kalian dapat membuat hasil kerja kalian menjadi lebih baik dan menarik. Proses pembuatan laporan atau presentasi juga menjadi lebih efektif dan efisien. Buatlah slide presentasi singkat dari kunjungan museum ke Bogor sewaktu kalian kelas 7

Jawaban: Perjalanan yang membuat banyak kesan dan cerita yang menarik tentang kebersamaan, ilmu yang digapai sepanjang perjalanan juga sangat menyenangkan.




























Comments

  1. nomor sepuluh belum dituliskan tugas apa saya sudah dikerjakan, nomor 12 belum ada gambarnya, nomor 17 belum ada jawaban, nomor 18 belum ada jawaban, nomor 19 dan 20 belum ada jawaban yg benar. Silahkan diperbaiki dan omjay tunggu sampai hari ini, terima kasih. Omjay

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Apa Itu Jaringan Komputer dan Internet?